Home / berita umum / 8 Kapal Kargo Melego Jangkar Tanpa Izin di Bintan Ditangkap Patroli Koarmada I

8 Kapal Kargo Melego Jangkar Tanpa Izin di Bintan Ditangkap Patroli Koarmada I

8 Kapal Kargo Melego Jangkar Tanpa Izin di Bintan Ditangkap Patroli Koarmada I – KRI deretan Koarmada I tangkap 8 kapal kargo serta kapal tanker asing yang tengah lego jangkar tiada izin di perairan Bintan.

“Disangka kapal-kapal itu memakai perairan teritorial Indonesia yang jauh dari pengawasan aparat pelabuhan buat mengerjakan pekerjaan ilegal seperti ship to ship transfer, ilegal oil ataupun pembuangan kotoran,” tutur Kadispen Koarmada I, Letkol Laut (P) Agung Nugroho dalam info tercatat, Sabtu (16/2/2019).

Terkecuali itu, disangka kapal-kapal itu menghindar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Ke delapan kapal diamankan KRI deretan Koarmada I yang tengah mengerjakan patroli bagian di lokasi Perairan Tanjung Berakit Bintan, Kepri.

“Hal semacam itu melanggar Klausal 194 (3) UU Nomer 17 Tahun 2008 terkait Pelayaran (yang mengontrol) semua kapal asing yang memanfaatkan aliran laut kepulauan Indonesia dalam pelayarannya tdk bisa menyelimpang terkecuali dalam situasi darurat,” tutur Agung.

Agung menuturkan KRI yang mengerjakan patroli salah satunya, KRI Pulau Rusa-726 Grup Kapal Ranjau (Satran) Koarmada I tangkap Kapal MT. Archangelos Gabriel, bendera Yunani yang tengah lego jangkar tiada izin pada Jumat (8/2).

Lalu, KRI Teuku Umar-385 Grup Kapal Korvet (Satkor) Koarmada I tangkap Kapal MT. Agros, Tonage 25.202 GT, Bendera Bahama. Dan KRI Alamang-644 Grup Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I pun sukses tangkap Kapal MV. Wen De, bendera Hongkong

Disamping itu, KRI Bung Tomo-357 Grup Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada I sudah sukses tangkap tiga Kapal Asing yang tengah lego jangkar di lokasi teritorial Indonesia tiada izin, dalam hari Sabtu (9/2).

Juga ada KRI Barakuda-633 Grup Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I yang sukses tangkap Kapal MT. Afra Oak, berendera Liberia dalam hari Selasa (12/2).

About admin