Bekatul Memiliki Kandungan Vitamin Yang Banyak

Bekatul Memiliki Kandungan Vitamin Yang Banyak – Sempatkah Anda mendengar kata bekatul? Untuk orang-orang yang ada di pedesaan barangkali tidak asing dengan sisa penumbukan atau penggilingan padi ini.

Selain berguna untuk pakan ternak, nyatanya bekatul mempunyai fungsi yang menakjubkan untuk badan manusia.

Kandungan gizi dalam bekatul terbagi dalam, vitamin A, B1, B2, B3, B12, vitamin E, Biotin, Inositol, Piridoksin, Kolin, Asam Pantotenat, Asam Folat serta Asam Aminobenzoat.

Orang-orang pedesaan pada masa dulu memanfaatkan lesung untuk menumbuk padi, makanya bekatulnya masih tetap melekat di bulir beras.

Nasi yang masih tetap ada kandungan bekatul itu mereka mengkonsumsi sehari-hari. Jadi tidaklah heran bila orang desa masa dulu tahan pada beragam penyakit.

” Serat yang terdapat di bekatul itu tinggi. Jika kita konsumsi serat, itu dapat menolong menghalangi penyerapan gula serta lemak, ” kata Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, konsultan gizi MRCCC Siloam Hospital Semanggi di Jakarta, Selasa (18/7/2017) .

Selain itu, bekatul bisa juga tingkatkan sistim kebal badan serta mempunyai sifat anti kanker. Sayang tdk banyak orang-orang yang tahu makanya seringkali cuma jadikan pakan ternak.

Beberapa besar orang-orang menyamai bekatul dengan dedak. Padahal, bekatul serta dedak itu berlainan.

Dedak yaitu limbah penggilingan atau penumbukkan padi yang pertama. Sesaat bekatul yaitu sisa penumbukkan atau penggilingan padi ke-2 (kulit ari beras) .

Waktu padi digiling, kulit padi yang umum kita kenal dengan gabah bakal terpisah dari bulirnya. Butiran nasi yang umum kita makan dimaksud endosperma beras.

Bekatul yaitu susunan yang melapisi endosperma. Bubuk bekatul ini biasanya berwarna cokelat muda serta mempunyai rasa agak manis.

” Gamma oryzanol dalam bekatul begitu tinggi yang dapat menguasai kandungan gula darah serta menyetabilkan cholesterol. Serat yang tinggi didalamnya juga berikan rasa kenyang lebih lama, ” tutur Samuel.

Mengenai langkah mengonsumsinya, bekatul bisa ditambahkan tepung terigu untuk pembuatan roti manis, roti kering, bolu kukus, kulit dadar gulung, serta makanan beda yang memanfaatkan terigu.

Bekatul bisa juga digabungkan dalam tepung beras yang bakal dibuat jadi beraneka makanan lezat seperti kue cucur. Bekatul juga dapat digabungkan dalam sup, bubur kacang hijau, susu cokelat, santan kelapa.