Home / berita umum / BNPB Mencatat Ada 2 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Jakarta

BNPB Mencatat Ada 2 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Jakarta

BNPB Mencatat Ada 2 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Jakarta – Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) mencatat ada 2 orang yang wafat karena banjir di Jakarta. Korban wafat sebab terbawa arus serta terserang serangan jantung.

“Banjir mengakibatkan 2 korban jiwa, yakni Imas (48, P) yang wafat karena kecelakaan terbawa arus kali Ciliwung di Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan, serta Suyanto (70, L) wafat karena serangan jantung di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur,” tutur Kepala Pusat Data, Info, serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam info tercatat, Jumat (26/4/2019).

Tidak hanya korban jiwa, BNPB mencatat 2.258 jiwa mengungsi karena banjir di Jakarta. Tempat pengungsi menyebar di 12 titik.

“Sekitar 285 KK serta 2.258 jiwa pengungsi karena banjir pada tanggal 26 April 2019. Sekarang ini tempat pengungsi ada di 12 titik tempat yang terbagi dalam 2 titik tempat di Jakarta Selatan serta 10 titik tempat di Jakarta Timur,” kata Sutopo.

Sutopo mengatakan usaha perlakuan banjir yang sudah dikerjakan diantaranya memberi teguran awal pada warga di bantaran sungai. Evakuasi pada masyarakat juga dikerjakan Tubuh Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

“Evakuasi masyarakat terdampak dikerjakan oleh BPBD, Dinas Gulkarmat, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan, Basarnas, PMI, petugas dari faktor kelurahan, Satpol PP, PPSU, Babinsa, serta warga. Pompa yang sudah disediakan Dinas SDA sekitar 133 unit pompa mobile serta 465 unit pompa stasioner yang menyebar di 164 tempat,” tuturnya.

Berkaitan banjir di Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan waduk ialah jalan keluar menahan banjir. Anies akan menyarankan untuk meningkatkan jumlahnya waduk diantara Jakarta serta Bogor.

“Harus mesti membuat waduk sebab bicaranya mengenai volume air yang besar sekali. Jadi kurang jika kita cuma mengatasi di sini. Apapun yang kita tangani di sini jika volume airnya besar sekali dari sana, datangnya bertepatan akan tetap memunculkan limpahan air,” kata Anies di Manggarai, Jakarta Selatan, sore hari ini.

About admin