Home / berita umum / Bupati Kudus Jadi Tersangka Suap

Bupati Kudus Jadi Tersangka Suap

Bupati Kudus Jadi Tersangka Suap – KPK memutuskan Bupati Kudus Muhammad Tamzil jadi terduga masalah sangkaan jual-beli jabatan. Partai Hanura, yang mengangkat Tamzil pada Pemilihan kepala daerah 2018 lalu itu, menyesalkan tingkah laku Tamzil.

“Ini jadi evaluasi, input buat kita. Ke depan dalam mengangkat wali kota atau bupati, dari sudut pandang kepribadian serta integritasnya itu harus diprioritaskan. Karena itu saat ini saya sedang membuat dasar organisasi Partai Hanura mengenai Pemilihan kepala daerah bagaimana dalam rekrutmen memberi dukungan calon kepala wilayah itu lebih selektif,” kata Direktur Eksekutif DPP Partai Hanura, Djafar Badjeber pada wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Djafar juga minta Tamzil diberi hukuman seberat-beratnya bila dapat dibuktikan bersalah. Mengingat aksi korupsi itu bukan kali pertamanya dikerjakan Tamzil. Didapati, pada tahun 2014 Djafar sempat juga dibui sebab korupsi.

“Ya karena itu diberi hukuman seberat-beratnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Bermakna orang ini hanya ingin cari suatu,” tuturnya.

Djafar juga malas partainya diseret dalam masalah yang menerpa Tamzil sekarang. Menurutnya, apa yang dikerjakan Tamzil adalah tanggung jawab pribadi pria yang 2x jadi Bupati Kudus itu.

“Saya anggap itu tanggung jawab pribadinya. Telah diberi amanah oleh rakyat, jika ia bener korupsi jual beli jabatan dan lain-lain ya itu tanggung jawab ia jadi pribadi. Tidak ada tanggung jawab dengan kita dengan institusional ya, karenanya pribadi. Masalah ia diusung oleh beberapa partai terhitung Hanura, kita kan tidak tahu tindakan satu orang,” papar Djafar.

“Jangankan ia cuma bupati, seseorang menteri, anggota DPR saja dapat terjebak korupsi. Itu kan kembali pada iman satu orang, kepribadian, ciri-ciri, kredibilitas,” sambung ia.

KPK memutuskan Bupati Kudus Muhammad Tamzil jadi terduga masalah sangkaan jual-beli jabatan. Tamzil disangka terima suap berkaitan pengisian piranti wilayah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus tahun 2019. Tamzil waktu Pemilihan kepala daerah 2018 lalu diusung oleh Hanura, PKB serta PPP.

About penulis77