Home / berita umum / Candaan Ma’ruf Amin: Harusnya Pak JK Tetap Jadi Wapres

Candaan Ma’ruf Amin: Harusnya Pak JK Tetap Jadi Wapres

Candaan Ma’ruf Amin: Harusnya Pak JK Tetap Jadi Wapres – Ketua umum MUI yang Wakil presiden dipilih Ma’ruf Amin bercanda seharusnya Jusuf Kalla (JK) masih jadi wakil presiden di periode selanjutnya. Tetapi, kata Ma’ruf, JK tidak dapat mencalonkan diri sebab terbentur ketentuan.

“Sebetulnya wapres itu masih Pak Jusuf Kalla. Saya cuma substitusinya. Sebetulnya beliau yang harusnya jadi wapres, tetapi sebab tidak bisa, karena itu saya yang menjadi wapres,” tutur Ma’ruf dalam sambutan milad ke-44 MUI di Hotel Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (27/7/2019).

JK, serta undangan lain ketawa dengar perkataan dari Ma’ruf. Ma’ruf juga bangga sebab Joko Widodo (Jokowi) memilihnya jadi calon wakil presiden. Sekarang, ia jadi perwakilan MUI pertama yang akan dilantik jadi wapres.

“Kita mengucapkan syukur jika Pak Jokowi jadi calon presiden ajak saya, Ketua Umum MUI jadi calon wakil presiden. Ini harus disyukuri MUI sebab selama riwayat tidak pernah ketua umum MUI jadi wakil presiden RI,” kata Ma’ruf.

Tidak hanya masalah wakil presiden, Ma’ruf minta pada MUI untuk mengaplikasikan nilai-nilai moderat. MUI harus menjaga jangan pernah ada memahami radikal.

“Karenanya MUI mengangkat langkah berpikir yang moderat. Langkah berpikir yang toleransi. Hingga, kita menjaga langkah berpikir, serta langkah berpikir yang tidak radikal,” tutur Ma’ruf.

Selain itu, JK membalas Ma’ruf dengan mengatakan jadi alternatif tempat wapres. “Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia yang alternatif saya yang kelak dilantik Oktober,” sebut JK.

JK memandang memerlukan kerja sama di antara ulama dengan umaro atau pemerintah. Ulama bekerja untuk memberi input pada pemerintah.

“Banyak rintangan ke depan karena itu, kita kerja sama di antara ulama serta Umaro. Tanpa ada kerja sama kita tidak bisa pencerahan yang baik,” sebut JK.

About admin