Home / Uncategorized / Ignasius Jonan Akan Turunkan Tarif Dasar Listrik

Ignasius Jonan Akan Turunkan Tarif Dasar Listrik

Ignasius Jonan Akan Turunkan Tarif Dasar Listrik – Menteri Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan kalau tiada kenaikan tarif basic listrik (TDL) hingga akhir th. 2017.

” Prinsip pemerintah, termasuk juga PLN hingga akhir th. tiada kenaikan tarif, ” kata Jonan di Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali (P2B JB) Gandul, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017) .

Bahkan kata Jonan, demikian sebaliknya pemerintah berusaha untuk turunkan TDL untuk seluruhnya kelompok turun tidak kecuali.

” Jadi kita mengusahakan per tiga bln. itu tarifnya itu seandainya dapat seluruhnya kelompok. Kalau tidak dapat ya minimum sebagian besar kelompok itu dapat turun, ” kata dia.

Masalah penurunan TDL-nya berapakah, kata Jonan pemerintah mengusahakan semaksimal mungkin saja menghimpit tarif yang telah berlaku sampai kini.

” Telah dua th. (TDL) turun selalu. Efisiensinya PLN juga semakin baik. Nah pastinya tarifnya juga seandainya dapat harga jualnya juga semakin lama semakin turun, ” kata dia.

Terlebih dulu, Direktur Paling utama PLN Sofyan Basyir menyatakan kalau PLN tidak mempunyai gagasan menambah tarif atau mencabut subsidi pemakai listrik kelompok 450 VA. Oleh karenanya, Sofyan heran dari tempat mana asal issu kenaikan tarif listrik itu.

Menurut ia, PLN cuma mengambil keputusan untuk mencabut subsidi listrik pelanggan 900 VA karena tidak memiliki hak memperoleh subsidi. Pencabutan subsidi listrik tidak mengarah rakyat miskin.

Di Indonesia, keseluruhan pelanggan listrik 900 VA ada 22, 9 juta rumah tangga. Namun berdasar pada kajian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) , cuma 4, 1 juta pelanggan dinilai layak memperoleh subsidi.

Sisanya, 18, 8 juta pemakai listrik 900 VA adalah rumah tangga dapat maka tidak memiliki hak memperoleh subsidi dari pemerintah. Pelanggan berikut ini yang subsidinya dicabut.

About admin