Home / unik / Jelawat Ikan Dari Sungai Borneo

Jelawat Ikan Dari Sungai Borneo

Jelawat Ikan Dari Sungai Borneo – KALIMANTAN tidak cuma lekat dengan keelokan alam serta kekayaan sungainya. Dari sana, bermacam masakan lezat juga terwujud.

Aroma kesenangan masakan asal Kalimantan mulai bertaburan di sekitaran kita. Dalam sepiring makanan, kita di ajak mengetahui Borneo.

Harum bawang putih, serai, serta jahe menyeruak berbarengan datangnya seporsi ikan tim. Ikan utuh memiliki ukuran 25 sentimeter itu ”berenang” diatas kuah berwarna coklat kehitaman. Asap tidak tebal meninggalkan kuah yang masihlah meletup-letup.

Hangatnya ikan tim ini sungguh sayang bila diabaikan sedetik jua. Daging ikan berwarna putih selekasnya terangkat berbarengan kuahnya. Rasa fresh serta nikmat segera menegur lidah di suapan pertama.

Sekilas, ikan itu serupa dengan ikan bandeng. Cuma sisi perutnya lebih lebar. Juga sisiknya tidak tipis. Rupanya, itu yaitu ikan jelawat yang asli Kalimantan.

Di tangan koki Warung Rawit di Flavor Bliss Alam Sutera, Serpong, ikan itu tidak cuma nikmat disantap, namun juga enak dilihat.

Taburan bawang putih cincang serta irisan bawang merah goreng ditaburkan diatas ikan. Sebagian bawang putih utuh yang dikeprak sekali, irisan serai, serta jahe juga digabungkan di situ sampai sisik si jelawat cuma terlihat samar.

Walau besar, sisik ikan ini begitu enak dikonsumsi lantaran tak keras.

Mengenai kuah yang temani ikan tim ini adalah kombinasi kecap serta beberapa saus.

”Ini ikan sungai asli dari sungai di Kalimantan. Ikan ini memanglah dipasok segera dari Kalimantan, ” kata Liza Djohan, yang memiliki Restoran Warung Rawit, Flavor Bliss Alam Sutera, Kamis (23/2/2017) .

Terkecuali ikan tim, sayur pakis asli dari Kalimantan juga dapat didapati disini. Pakisnya panjang serta langsing dengan kuncup sama kancing yang belum mengembang. Pakis ini tidak sama dengan pakis yang ada di Jakarta.

About admin