Home / berita umum / Kabut Asap Karhutla Akibatkan 2.199 Warga Dumai Riau Kena Infeksi Pernapasan

Kabut Asap Karhutla Akibatkan 2.199 Warga Dumai Riau Kena Infeksi Pernapasan

Kabut Asap Karhutla Akibatkan 2.199 Warga Dumai Riau Kena Infeksi Pernapasan  РKebakaran rimba serta tempat (karhutla) di Riau selalu meluas. Imbasnya sekarang, beberapa ribu penduduk terkena asap serta alami infeksi pernafasan.

Kabut asap sangat kronis sekarang menyelimutinya kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis. Di Kota Dumai, walaupun beberapa titik api dapat dipadamkan, asap datangnya dari kebakaran tempat di Bengkalis yang sejauh ini api masih tetap membara.

Keadaan ini membuat asap mengepung dua lokasi. Asap sudah membuat beberapa ribu penduduk terkena serta memunculkan penyakit.

Data dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau, untuk Kota Dumai terdaftar ada 2.199 terserang infeksi aliran pernafasan kronis (ISPA). Untuk pneumonia ada 7 orang, asma 52 orang, iritasi mata 58 orang, serta iritasi kulit 28 orang.

“Data sesaat ini, Kota Dumai sangat banyak terkena asap dari kebakaran tempat,” kata Kadis Kesehetan Riau Mimi Yuliani Nazir, Selasa (26/2/2019).

Selanjutnya ia menuturkan, keadaan yang juga sama dirasa penduduk Kabupaten Bengkalis. Data sekarang ini, ada 247 masyarakat terserang ISPA, asma 15, pneumonia 4, iritasi mata 24, serta iritasi kulit 13.

Mengenai di Kabupaten Rokan Hilir, ada 42 terserang ISPA, ada 4 orang terserang iritasi mata, serta iritasi kulit 16 orang.

“Untuk lokasi yang sekarang terkena asap, kami imbau kurangi kegiatan di luar rumah. Jika mesti keluar rumah, semestinya memakai masker,” kata Mimi.

About admin