Home / berita umum / Kekeringan Air Warga Ponorogo Ambil Air Ke Desa Lain

Kekeringan Air Warga Ponorogo Ambil Air Ke Desa Lain

Kekeringan Air Warga Ponorogo Ambil Air Ke Desa Lain – Sepanjang dua bulan, masyarakat Ponorogo kesusahan air bersih. Mereka ikhlas berjalan kaki sejauh 1 KM ke desa lain untuk memperoleh air bersih.

Seperti yang dihadapi masyarakat Dusun Banyuripan, Desa Duri, Kecamatan Slahung. Sebab sumber air di desanya tidak keluarkan air, mereka ikhlas berjalan kaki ke desa lain.

“Iya harus ke desa tetangga jika ingin air bersih,” papar satu diantara masyarakat ditempat, Dwi Mahmudin waktu didapati di tempat, Kamis (11/7/2019).

Dwi bersama dengan masyarakat lain juga harus bawa air dalam jerigen untuk penuhi keperluan seharian. Jalan setapak dan beratnya beban air dalam jerigen jadi rekan dalam perjalanan cari air.

Menurut dia, kekeringan tentu berlangsung di desanya saat masuk musim kemarau. Kejadian ini berlangsung semenjak beberapa puluh tahun yang lalu.

“Sumber air yang di desa lain ini dapat memenuhi keperluan air 41 KK,” jelas ia.

Dwi memberikan tambahan untuk mengirit air, masyarakat desa juga sangat terpaksa kurangi penggunaan air. Sperti mandi, membersihkan baju dan memasak.

“Mandi hanya sekali, membersihkan juga jarang-jarang,” tambah ia.

Dwi menjelaskan dianya harus memasok air bersih semakin banyak. Karena untuk memberikan minum hewan ternak kepunyaannya.

“Ya Alhamdulilahnya saat ini ada pertolongan kiriman air bersih dari BPBD Ponorogo, satu minggu 2x pengiriman,” tegasnya.

Dwi mengharap tidak hanya dropping serta memercayakan sumber air desa lain, Pemkab dapat membuat sumur dalam untuk masyarakat.

“Tahun kemarin telah coba ngebor sumur, kedalaman 98 mtr. belum keluar airnya. Harapannya selekasnya dibuatkan sumur dalam agar masyarakat tidak kesusahan air ,” pungkas ia.

About penulis77