Home / berita umum / Napi Rutan Sumenep Ternyata Keluyuran Saat Karutan Tugas Ke Luar Kota

Napi Rutan Sumenep Ternyata Keluyuran Saat Karutan Tugas Ke Luar Kota

Napi Rutan Sumenep Ternyata Keluyuran Saat Karutan Tugas Ke Luar Kota – Terpidana (narapidana) Rumah Tahanan (Rutan) cabang Sumenep di Arjasa, Asmuni kelihatan keluyuran di Pelabuhan Batu Guluk, Arjasa, Kangean. Nyatanya, Asmuni keluyuran waktu kepala rutan (Karutan) sedang tidak berada di Rutan.

Didapati, Karutan Cabang Arjasa, Sugiyantoro waktu itu sedang ikuti Rapat Kerja Pelajari Kapasitas di cakupan Kanwil Kemenkumham Jawa timur yang diadakan di Trawas, Mojokerto.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa timur Pargiyono menjelaskan narapidana memang dibolehkan keluar karena hanya banyak hal saja. Tetapi, bila narapidana keluar tidak hanya masalah itu, Pargiyono memperjelas hal itu melanggar SOP.

“Jadi tidak hanya dari keluar untuk masalah diluar itu karena itu dalam masalah itu diyakinkan ada pelanggaran Protap serta SOP yang dikerjakan oleh petugas di Cabang Rutan Arjasa itu,” kata Pargiyono di Surabaya, Sabtu (27/7/2019).

“Ditambah lagi berlangsungnya saat Kepala Cabang Rutan Arjasa tidak sedang ada dalam tempat, pergi ikuti Rapat Kerja Pelajari Kapasitas Kanwil Kemenkumham Jawa timur yang diadakan di Trawas,” paparnya.

Waktu diberi pertanyaan tentang apa yang membuat narapidana diperbolehkan keluar rutan, Pargiyono merinci ada banyak kebutuhan. Contohnya saja hadiri acara pemakaman keluarga dekat seperti orangtua, anak kandung, istri, sampai suami.

Diluar itu, narapidana diperbolehkan keluar menjadi wali nikah putri kandungnya, jalani rekontruksi atau jadi saksi di sidang pengadilan dalam masalah lain sampai hadiri acara pembagian warisan.

“Lalu, jalani program pembinaan asimilasi serta jalani penyembuhan atau rawat inap di rumah sakit luar Lapas sesuai dengan referensi dokter,” pungkas Pargiyono.

Awalnya, Polisi amankan narapidana terpidana narkoba, Asmuni pada Rabu (24/7). Waktu itu, polisi melakukan penyelamatan KM Pelopor 51 di Pelabuhan Batu Guluk. Seputar jam 07.00 WIB, ada anggota yang lihat Asmuni ada di parkiran sendirian dengan mengemudikan mobil.

Asmuni juga langsung ditangkap serta dikembalikan ke rutan. Pada anggota, Asmuni akui sedang menjemput istri serta iparnya. Asmuni serta istri selanjutnya dibawa serta diberikan ke petugas Rutan Cabang Sumenep di Arjasa.

Dari data yang dikumpulkan, Asmuni adalah narapidana masalah narkoba yang divonis 9 tahun. Sekarang Asmuni telah jalani waktu tahanan sepanjang 2 tahun 8 bulan.

About penulis77