Pele: Coutinho Lebih Baik Dari Neymar

Neymar sukses menyembpurnakan sektor depan Barcelona dalam tiga musim terakhir. Akan tetapi Pele menyaksikan ia bukanlah pemain terbaik dari Brasil yang bermain di kompetisi Eropa. Dengan Luis Suarez dan Lionel Messi, Neymar meraih 5 titel di musim 2015. Wajar saja jika Neymar di sebut-sebut sebagai pemain terbaik asal Brasil yang berkancah di pentas Eropa. Walaupun demikian, performa bagus Neymar itu tak membuat pele terpukau. Legenda sepabola Brasil itu malah menyantumkan nama Philippe Coutinho sebagai seorang pemain terbaik asal Brasil yang bertanding di liga Eropa.

Penilaian Pele itu mengacu dengan pengalaman Coutinho yang sudah lama berkarir di kancah Eropa daripada Neymar. Sebagai pembanding, Neymar yang mengenakan kostum Barcelona di musim 2013 lalu, sedangkan Coutinho menjalani karir Eropanya dari musim 2010.

FC Internazionalejadi tim pertama Coutinho di Eropa. Sempat berlabuh ke Espanyol, ia kemudian bergabung bersama Liverpool di musim 2013. Semenjak saat itu pula ia jadi pemain krusial The Reds.

“Negara kami mempunyai banyak pemain yang hebat di Liga Eropa. Ada sejumlah pemain mudar dari Brasil sekarang ini namun mereka tak berpengalaman seperti Philippe Coutinho,” ujar Pele. “Ia tumbuh di sana, hijrah ke Ital ketika usianya memasuki 17 tahun,” imbuhnya.