Penyeludupan 30 Kg Ganja Digagalkan Polisi, 4 Pengedar Ditangkap

Penyeludupan 30 Kg Ganja Digagalkan Polisi, 4 Pengedar Ditangkap – Empat pengedar di tangkap personel Polsek Belawan dikarenakan menyelundupan 30 kilo-gram (kg) ganja ke area Belawan. Ke-4 pengedar ganja asal Aceh ini di tangkap petugas dari tempat terpisah pada Selasa (27/2/2018) awal hari.

Ke-4 tersangka yaitu Prayetno dengan sebutan lain Yetno (44) warga Blok 11, Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan serta Boy Kendri (44) , warga Jalan KL Yos Sudarso, Kelurahan Minggu Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, bertindak menjadi pengedar.

Selanjutnya, ‎Hafni (37) warga Jalan PDAM Tirtanadi, Kecamatan Sunggal serta Zulkifli (29) warga Desa Semadam, Kecamatan Kejuruan, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, bertindak menjadi penyelundup ganja dari Aceh. Dari tangan banyak tersangka, Polsek Belawan sukses mengambil tanda untuk bukti jumlah 30 kg ganja dalam ukuran bal besar serta 40 amplop ganja ukuran kecil dan satu unit mobil Toyota Avanza.

Kapolsek Belawan Kompol B Pasaribu mengemukakan, penangkapan jaringan ganja asal Aceh menurut info dari penduduk. Awalannya, Polsek Belawan terima informasi dari penduduk maraknya peredaran ganja di area Sicanang, Belawan.

Berdasar pada info itu, pihaknya melaksanakan penyelidikan ke salah satunya pengedar. Selanjutnya polisi melaksanakan penggerebekan ke tempat tinggal Yetno diketemukan tanda untuk bukti 40 amplop ganja kering.

” Awalannya kami menangkap pengedar yang berlokasi tinggal di Sicanang. Kami memukan tanda untuk bukti 40 amplop ganja, lantas kami laksanakan pengembangan, ” kata B Pasaribu didampingi Kanit Reskrim, Iptu B Sebayang.

Dari hasil pengembangan itu, kata Kapolsek, pihaknya kembali menangkap Boy Kendri bertindak sebagai penghubung pemesanan ganja datang dari Aceh. Dari info ke dua tersangka, lanjut B Pasaribu, di ketahui ganja yang diselundupkan ke Belawan lewat kawan mereka.

Selanjutnya, pihaknya melaksanakan pengembangan dengan menyelidiki ke dua penyelundup ganja datang dari Aceh. Hasilnya, Hafni serta Zulkifli yang membawa mobil Toyota Avanza‎ dengan muatan 30 kg ganja di tangkap di SPBU Kampung Nelayan, Kecamatan Medan Belawan.

” Segala tersangka kami tangkap dengan cara terpisah. Mereka sebagai jaringan yang sejauh ini mengedar ganja di lokasi Belawan. Dari info banyak tersangka, mereka telah mengedarkan ganja sekitar 3 bln., ” jelas B Pasaribu.

Buat mempertanggungjawabkan kelakuannya, lanjut B Pasaribu, banyak tersangka dapat dijerat Narkotika UU No 35/2009 dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 th.. ” Persoalan ini dapat lekas kita limpahkan ke pengadilan, ” tandasnya.