Home / berita umum / Perbaiki Jaring Dan Tak Melaut Nelayan Cirebon Saat Cuaca Buruk

Perbaiki Jaring Dan Tak Melaut Nelayan Cirebon Saat Cuaca Buruk

Perbaiki Jaring Dan Tak Melaut Nelayan Cirebon Saat Cuaca Buruk – Cuaca jelek menempa daerah Cirebon serta sekelilingnya dalam beberapa waktu paling akhir. Angin kencang dan gelombang air laut yang tinggi menempa perairan Cirebon.

Karena keadaan cuaca yang jelek, nelayan di Pesisir Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, malas melaut. Tidak dikit nelayan yang pilih melakukan perbaikan perahu serta alat tangkap sambil menanti cuaca normal kembali.

Diluar itu, sebab keadaan cuaca jelek beberapa nelayan pilih cari tangkapan di tepian. Seperti yang dikerjakan oleh Rowandi (32). Dia pilih cari tangkapan di tepi karena cemas berlangsung kecelakaan sebab keadaan angin yang kencang dan gelombang lumayan tinggi.

“Ya telah satu pekan lah keadaan cuaca semacam ini, sudah sempat libur. Banyak pula nelayan sini yang tidak melaut sebab cuacanya jelek,” kata Rowandi waktu terlibat perbincangan, Rabu (17/7/2019).

Rowandi akui cuma cari tangkapan di tepian laut memakai jaring. Akhirnya tangkapannya juga alami penurunan. “Paling bisa dua kg. Saat ini sich tidak mencari ikan, carinya kepiting yang di pinggir-pinggir. Ya tidak berani ke tengah (laut),” sebut Rowandi.

Cuaca Jelek, Nelayan Cirebon Pilih Benahi Jaring serta Tidak MelautFoto: Sudirman Wamad
Seirama dikatakan nelayan yang lain, Supardi (65). Supardi pilih melakukan perbaikan jaring kepunyaannya daripada ambil efek melaut.

Menurut Supardi, cuaca jelek tetap berlangsung waktu musim kemarau. “Ya melautnya kelak nantikan normal, saat ini benahi jaring dahulu. Istilahnya sich saat ini sedang angin kumbang, biasa jika kemarau ini,” sebut Supardi.

About penulis77