Home / berita umum / Polisi Tangkap Pelaku Penjualan Kepala Kambing Hutan Seharga Rp 80 Juta

Polisi Tangkap Pelaku Penjualan Kepala Kambing Hutan Seharga Rp 80 Juta

Polisi Tangkap Pelaku Penjualan Kepala Kambing Hutan Seharga Rp 80 Juta – Seseorang masyarakat Jambi yang tinggal di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ditahan polisi sebab akan jual kepala Kambing Rimba Sumatera seharga 80 juta rupiah. Kambing Rimba Sumatera adalah salah satunya satwa endemik serta dilindungi.

Terduga “S” (71) ditangkap Satrreskrim Polres Agam bersama dengan BKSDA Sumatera Barat. Petugas mencurigai, terduga sisi dari sindikat perdagangan satwa dilindungi.

Pengontrol Ekosistem Rimba BKSDA Sumatera Barat Resort Agam, Ade Putra menjelaskan, terungkapnya masalah perdagangan Kambing Rimba Sumatera itu bermula dari terdapatnya laporan masalah penipuan. Seseorang masyarakat mengakui ditipu terduga, sebab uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan.

“Nyatanya, uang utang itu dipakai beli kepala kambing rimba dari (Kabupaten) Pasaman,” jelas Ade, Rabu (22/1/2019).

Kepala kambing rimba itu dibeli terduga seharga Rp 13 juta. Dalam kontrol sesaat, kepala kambing rimba itu sempat dibawa ke Jambi, sebab telah adas konsumen yang tertarik. Tawar menawar harga disetujui Rp 80 juta. Akan tetapi, sebab ada sisi dari kepala kambing itu yang cacat, jadi jual beli gagal. Terduga kembali pada Agam dengan tangan kosong.

“Kepala kambing rimba ini telah dibawa ke Jambi. Sebab ada sisi yang cacat, jadi transaksi gagal. Itu lalu mengapa terduga belumlah mampu membayar uang yang dia pinjam,” tuturnya.

Ade memberikan, terduga mengakui telah lima tahun paling akhir berdagang satwa. Tidak hanya kepala kambing rimba, terduga sempat juga jual kulit harimau. Terduga diancam pidana 5 tahun penjara serta denda 100 juta rupiah, sebab melanggar masalah 21 ayat 2 huruf D mengenai memperniagakan, mempunyai, menaruh serta, mengangkat beberapa bagian dari satwa dilindungi.

Kambing Rimba Sumatera atau dalam Bahasa Inggris dimaksud Sumatran Serow ini adalah type kambing rimba yang cuma berada di rimba tropis Pulau Sumatera. Ciri fisik kambing bernama ilmiah Capricornis sumatraensis ini, bertanduk ramping, pendek serta melengkung ke belakang. Berat badannya pada 50- 140 kg dengan panjang tubuh pada 140-180 cm. Waktu dewasa, tingginya sampai 85-94 cm.

About admin