Home / berita umum / Ratusan Hektare Lahan Pertanian Tulungagung Dilanda Kekeringan

Ratusan Hektare Lahan Pertanian Tulungagung Dilanda Kekeringan

Ratusan Hektare Lahan Pertanian Tulungagung Dilanda Kekeringan – Seputar 106 hektare tempat pertanian di Tulungagung alami kekeringan. Selanjutnya 13 hektare antara tidak terselamatkan atau alami puso.

Untuk percepat perlakuan dinas pertanian ditempat membuat posko kekeringan. Koordinator POPT Dinas Pertanian Tulungagung Gatot Rahayu menjelaskan, lebih dari seratus hektare tempat terimbas kekeringan itu menyebar di 13 desa di Kecamatan Bandung serta Besuki. Tempat yang terimbas semuanya persawahan.

“Rinciannya untuk yang kekeringan mudah 70 hektare, sedang 14 hektare, kelompok berat sembilan hektare serta puso sekitar 13 hektare,” kata Gatot, Kamis (11/7/2019).

Beberapa petani sekarang ini kesusahan memperoleh suplai air untuk tanaman padinya. Sebab aliran irigasi atau sejumlah besar sumber mata air yang sampai kini digunakan sudah jadi kering. Mengakibatkan tanaman padi yang rata-rata sudah berumur di atas 75 hari jadi kering serta puso.

“Beberapa petani ini mulai lakukan tanam padi saat suplai air masih ada. Tetapi sesudah dua bulan berjalan nyatanya tidak ada hujan benar-benar, hingga tidak dapat penuhi suplai air,” katanya.

Keadaan musim kering tahun ini diperkirakan lebih kronis serta lebih lama dibandingkan dengan tahun awalnya. Karena datangnya musim kemarau lebih dini. Tahun kemarin beberapa petani masih dapat memperoleh suplai air walau cuma memercayakan air hujan.

“Tetapi saat ini tidak hujan benar-benar. Tahun kemarin tidaklah sampai puso sebab kadang-kadang masih turun hujan,” paparnya.

Di lain sisi Gatot akui kesusahan untuk ajak beberapa petani berubah type tanaman dari padi ke palawija. Petani umumnya akan tetap menanam padi sepanjang saat awal tanam masih ada suplai air.

Untuk kurangi efek yang semakin besar karena kekeringan ini, Dinas Pertanian Tulungagung lakukan beberapa taktik. Salah satunya dengan mengoptimalkan mesin pompa untuk mengisap air di sejumlah sumber atau sungai yang masih sisa. Diluar itu, faksinya membuat posko responsif genting kekeringan tempat pertanian.

Gatot memberikan tambahan, tidak hanya Kecamatan Besuki serta Bandung, beberapa kecamatan lain punya potensi alami kekeringan. Yaitu Campurdarat, Kalidawir serta Pakel. Bahkan juga beberapa salah satunya teratur alami kekeringan tiap tahun.

About penulis77