Home / berita umum / TNI AL Dumai di Riau Amankan Satu Kapal Penyelundup Bawang Merah

TNI AL Dumai di Riau Amankan Satu Kapal Penyelundup Bawang Merah

TNI AL Dumai di Riau Amankan Satu Kapal Penyelundup Bawang Merah – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai di Riau mengamankan satu kapal penyelundup bawang merah. Tanda bukti yang ditangkap 9 ton bawang merah.

“Team kita menggagalkan usaha penyeludupan bawang merah ilegal asal Malaysia yang dibawa dengan memakai KM Kayuara Jaya 1 GT 5,” kata Kalaksa Lanal Dumia Letkol Laut (Kh) Syaiful Simanjuntak pada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Syaiful menuturkan, penangkapan ini bermula dari info yang di terima oleh Team F1QR Lanal Dumai pada 3 Februari 2019. Dijelaskan jika akan ada pekerjaan penyelundupan barang ilegal yang dibawa dengan memakai kapal motor dari Malaysia arah perairan Kabupaten Bengkalis, Riau.

Menindaklanjuti info itu, lanjut Syaiful, team F1QR Lanal Dumai memakai unsur Patroli Sea Rider melakukan penyisiran serta penyekatan di seputar perairan Bengkalis. Akan tetapi waktu itu kapal yang diduga belumlah muncul.

Lalu pada 4 Februari 2019 jam 10.00 WIB, team Lanal Dumai kembali berjalan meneruskan patroli di seputar perairan Bengkalis. Malam harinya, jam 21.55 WIB, team menjumpai nada kapal motor tetapi tidak memakai lampu navigasi, hingga team patroli mencurigai kapal motor itu.

“Sesudah melakukan mekanisme pengejaran, penangkapan, serta penyidikan, setelah itu kapal KM Kayuara diamankan. Didapati membawa seputar 9 ton bawang merah tiada dokumen sah,” kata Syaiful.

Berkaitan penangkapan ini, pihak Lanal Dumai akan bekerjasama dengan lembaga berkaitan.

“Berkaitan penangkapan kapal pembawa bawang merah 9 ton asal Malaysia itu, Lanal Dumai akan melakukan pengaturan pada pihak berkaitan untuk proses hukum selanjutnya,” tutup Syaiful.

About admin